Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa menggunakan obat-obatan yang justru akan merusak kulit wajah jika tidak cocok.
Timbulnya jerawat disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kulit yang bercampur dengan keringat. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan hingga menutupi pori-pori, maka akan timbul jerawat bahkan sampai meradang, akan terasa sakit jika dipencet. Jerawat yang biasanya timbul di daerah wajah bisa mengganggu penampilan kita, apalagi jika harus berhadapan face to face jarak dekat dengan lawan bicara, akan mengurangi rasa percaya diri.
Dengan melakukan perawatan wajah secara rutin minimal 2x sehari, bisa mengurangi bahkan mencegah masalah jerawat. Beberapa tips menghilangkan jerawat secara alami bisa Anda lakukan kebiasaan-kebiasaan seperti dibawah ini:
1. Jika Anda selesai mandi jangan mengeringkan wajah dengan cara menggosok kulit wajah, lakukan pengeringan dengan cara menempelkan handuk ke wajah pelan-pelan. Dengan cara ini maka kuman-kuman dan kotoran yang ada pada kulit  wajah tidak akan menyebar, yang akan menimbulkan masalah jerawat.
2. Lakukan cara yang lebih efektif untuk menghilangkan jerawat. yaitu sediakan face tonik atau cairan pembersih. Anda biasakan membersihkan wajah menggunakan kapas, setelah mandi pagi dan sore, sehabis bermake up atau setelah bepergian untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada wajah.
3. Jika terpaksa harus memencet jerawat. Hindari memencet dengan kuku, karena kulit akan sulit kembali ke bentuk semula. Gunakan kedua jari untuk mengeluarkan isi jerawat, menggunakan alat pembersih jerawat.
4. Lakukan pergantian sarung bantal 1 bulan sekali untuk mencegah menempelnya minyak dan kotoran yang berasal dari rambut Anda. Jika bantal Anda bersih maka tidak akan ada penyumbatan pada pori-pori wajah yang menimbulkan masalah jerawat.
5. Gunakan handuk bersih yang khusus untuk wajah. Hal ini untuk mencegah berpindahnya kuman dan kotoran ke kulit wajah jika kita menggunakan handuk untuk seluruh tubuh kita.
6. Jangan menggunakan kosmetik berbentuk minyak dan krim yang dapat meningkatkan peluang terjadinya jerawat.
7. Basuh wajah Anda dengan semangkuk air hangat yang dibubuhi sedikit garam. Penggunaan garam efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang berperan dalam membentuk jerawat. 
8. Minumlah banyak air putih lebih baik 8 gelas perhari, yang bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan dan membersihkan darah, yang tentunya berefek baik juga untuk kebersihan kulit.